Aqidatul Awam - Kewajiban Muslim

Share Wasiat Soleh - Aqidatul Awam


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Dengan Menyebut Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

اْلحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ والصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسََّلمُ

Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, dan Semoga Allah memberikan Rahmat dan salam Kepada Nabi Muhammad Shollawu 'Alaihi Wasalam beserta seluruh keluarganya dan para sahabatnya






مِنْ وَاجِبٍ ِللهِ عِشْرِيْنَ صِفَةْ
#
وَبَعْدُ فَاعْلَمْ بِوُجُوْبِ الْمَعْرِفَةْ






" Setelah apa yang dikemukakan tadi, ketahuilah tentang kewajiban mengetahui ada dua puluh sifat yang wajib bagi Allah SWT."

Keterangan :

Aqoid lima puluh adalah 50 hal yang wajib ketahui dan diyakini oleh seorang yang beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, sebagaimana yang tertulis dalam kitab Kifatul 'Awam :



اِعْلَمْ أَنَّهُ يَجِبُ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ أَنْ يَعْرِفَ خَمْسِيْنَ عَقِيْدَةً وَكُلُّ عَقِيْدَةٍ يَجِبُ عَلَيْهَ أَنْ يَعْرِفَ لَهَا دَلِيْلاً اِجْمَالِيّا أَوْ تَفْصِيْلِيًّا


" Ketahuilah bahwa setiap muslim (laki-laki atau perempuan) wajib mengetahui lima puluh akidah beserta dalil-dalilnya yang bersifat global atau terperinci." 
(Kifayatul 'Awam, 3)


Lima puluh keyakinan itu terdiri dari:

1. Keimanan kepada Allah SWT:

  • Sifat wajib bagi Allah SWT = 20
  • Sifat mustahil bagi Allah SWT = 20
  • Sifat jaiz bagi Allah SWT = 1

2. Keimanan kepada para rasul:

  • Sifat wajib bagi rasul = 4
  • Sifat mustahil bagi rasul = 4
  • Sifat jaiz bagi rasul = 1
Jumlah = 50


Yang dimaksud sifat wajib di sini adalah sesuatu yang pasti ada atau dimiliki Allah SWT atau Rasul-Nya, di mana akal tidak akan membenarkan jika sifat-sifat itu tidak ada pada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Mustahil merupakan perkara yang tidak mungkin ada pada Allah SWT dan Rasul-Nya. Kebalikan dari sifat wajib, yaitu akal tidak akan terima jika sifat-sifat tersebut ada pada Allah SWT dan para Rasul-Nya.

Sedangkan Jaiz adalah sifat yang tidak harus ada pada Allah SWT dan Rasul-Nya. Dengan pengertian bahwa ada dan tidak adanya sifat ini pada Allah SWT dan rasul-Nya bisa diterima oleh akal.

Sumber : Wasiat Sholeh, Aswaja NU




والله سبحانه وتعالى أعلم بالصواب



Lebih baru Lebih lama